Warsim mengatakan kejadian bermula saat dewan guru beserta murid sedang merayakan Hari Guru dan HUT PGRI. Adapun peristiwa itu terjadi di lapangan sekolah. “Ketika momen melepaskan rangkaian balon ke udara bersama sama, salah seorang guru laki-laki memutuskan tali rapia pemberat pengikat balon menggunakan korek api,” jelas Warsim.

Sepuluh orang guru terluka akibat balon gas meledak dan mengeluarkan api saat perayaan Hari Guru Nasional 2023 di SDN 01 Cimuning, Bekasi. Para guru membuat slot gacor gampang menang pernyataan tidak menuntut pihak sekolah. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan AirNav selaku lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan, untuk menindaki masyarakat yang nekat melanggar aturan ini.

“Saya mengimbau masyarakat untuk tidak menerbangkan balon udara karena membahayakan pesawat yang membahayakan penumpang juga membahayakan masyarakat. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang No.1 Tahun 2009 bahwa setiap pelanggar dapat diancam pidana 2 tahun penjara dan denda Rp 500 juta,” ujar Budi.

“Para korban sudah membuat surat pernyataan untuk tidak menuntut,” kata Kapolsek Bantargebang AKP Ririn saat dihubungi wartawan. Ririn mengatakan para korban menganggap hal ini sebagai musibah. Biaya pengobatan juga ditanggung pribadi oleh Kepala Sekolah. “Dan menganggap hal ini sebagai musibah. Biaya pengobatan ditanggung secara pribadi oleh Kepala Sekolah,” tuturnya.

Ketua Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Ari Sapari menerima 40 lebih laporan keberadaan balon udara terhitung sejak Kamis (14/6) hingga Minggu (17/6). Menurut dia, dalam aturan penerbangan yang tertuang dalam undang-undang penerbangan, pelepasan balon gas ke udara harus memiliki izin khusus.

“Kalau balon itu tidak terkoordinir dengan baik, itu mengganggu penerbangan dan kebetulan juga balon yang ditemukan dari laporan rekan di lapangan hampir 40 laporan dari beberapa maskapai penerbangan yang terbang di wilayah Jawa terutama Semarang dan Yogya yang menemukan dan melihat langsung,” kata dia ditemui di Posko terpadu Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (17/6).

“Saya dari ini menyangkut keselamatan banyak orang publik. Bahwa yang paling terekspos keselamatan penebangan risiko balon super besar diameter 10 meter tinggi 20 meter mengancam keselamatan penerbangan. Ini merupakan ranjau udara sepanjang pulau Jawa dari tengah ke timur,” tegas┬áNovie.

Balon mata-mata milik China yang melayang di langit AS berukuran raksasa. Pihak AS mengatakan bahwa ukuran balon tersebut setara dengan tiga bus. Pentagon juga mengatakan balon milik China itu dapat mengubah arahnya serta bermanuver. Masih menurut Pentagon, terdapat sensor dan peralatan pengawasan yang dibawa balon mata-mata China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *