Setiap tahunnya, pohon beringing akan selalu tumbuh rindang dan membesar bahkan bisa menyentuh tinggi sampai 25 meter. Fantastisnya, batang pohon beringin pun bisa memiliki diameter 2 m. Akar-akar dari pohon ini pun sangat besar.

1. Asal-usul Bunga Tabebuya

Meskipun serupa dengan bunga Sakura, Tabebuya https://globalgrillpensacola.com/ berasal dari Amerika dan dikenal dengan nama pohon terompet merah muda.

Pohon ini adalah tanaman asli Amerika yang menyebar ke seluruh dunia, termasuk hutan Amazon di Brasil. Nama “Tabebuya” sendiri berasal dari bahasa Brasil, yaitu Tabebuia serratifolia.

2. Warna-warna yang Mencolok

Tabebuya memiliki lebih dari 100 jenis dalam keluarga Tabebuia. Ciri khas utamanya adalah warna bunganya yang mencolok.

Selain merah muda, kamu juga dapat menemukan Tabebuya berwarna emas, putih cerah, ungu, atau merah. Tingginya bervariasi dari 7,5 meter hingga 49 meter, dengan daun berwarna keperakan yang menghiasi hampir semua varietasnya.

3. Tantangan dalam Menanam Tabebuya

Menanam Tabebuya bukanlah hal yang mudah. Pohon ini tumbuh tidak teratur dan memerlukan tanah yang baik untuk mendukung pertumbuhannya. Tentunya diperlukan perawatan yang cermat untuk memastikan Tabebuya dapat berkembang dengan baik.

Selain sebagai penghias dan obat tradisional, bunga Tabebuya juga dapat dijadikan pupuk tanaman. Caranya cukup mudah: kumpulkan bunga Tabebuya, biarkan mereka membusuk, dan letakkan di dalam tanah seperti pupuk.

Teh Tabebuya juga dikenal sebagai teh lapacho atau teh Inca yang mengandung vitamin dan mineral penting tanpa kafein. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh ini dapat membantu mengatasi masalah pankreas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *